Bukalapak Vs Tokopedia, Review Pengalaman Pengguna & Tips Belanja Online
Dimasa yang serba mutakhir ketika ini, Anda juga mampu berbelanja dengan lebih cepat dan mudah. Anda mampu berbelanja cuma dengan duduk santai di depan komputer atau gadget yang Anda pegang.
Terdapat banyak sekali situs web jual beli online, ialah Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Blanja dan banyak lainnya.
Dengan “segudangnya” jumlah website perdagangan online, maka Anda bisa memilih yang terbaik dari mereka semua. Peritmbangan utama dalam menentukan situs jual beli yaitu muranya harga dan keselamatan dalam bertransaksi.
Perbandingan Antar Situs Jual Beli
Sebelumnya saya sampaikan dulu, bahwa goresan pena ini biasanya hanya berisi opini, yang berasal dari pengalaman orang yang membeli online, dan tulisan ini tidak dijadikan sebagai pola patokan dalam menilai situs perdagangan secara pasti.
Tokopedia
Bukalapak dan Tokopedia berjenis e-commerce, yang bisa dikatakan "malnya digital", sebab orang-orang mampu membuka toko di situs tersebut.
Jenis-jenis barang yang disediakan bermacam-macam. Dari pengalaman orang-orang yang berbelanja, mengungkapkan bahwa tokopedia biasanya menyediakan barang-barang perlengkapan rumah tangga dan elektronik.
Metode Pembayaran
Tokopedia menawarkan fitur pembayaran dengan sistem transfer manual bank, e-cash mampu berdiri diatas kaki sendiri, mandiri clickpay, Klikpay BCA, dan saldo Tokopedia.
Kepercayaan Pada Penjual
Tokopedia menyediakan fitur dimana pembeli dapat mengetahui reputasi penjual dari rating bintangnya. Jika hanya mempunyai 1 bintang memiliki arti penjual tersebut mempunyai reputasi pemasaran yang rendah. Jika mempunyai 5 bintang berarti reputasi tingkat iman di penjual tinggi.
Sistem Tokopedia ini cukup elok alasannya lumayan transparan, dimana pada setiap proses pembelipun memiliki reputasinya sendiri.
Bahkan pada setiap produk mempunyai reviewnya masing-masing, disamping itu hasil feedback akan terkunci sehingga tidak bisa diganti atau dihapus.
Dengan sistemnya ini, menjadikan pembeli di Tokopedia mampu lebih gampang untuk menyimpulkan reputasi darui suatu (kios) toko.
Hanya saja yang disayangkan yakni kesalahan ada pada kebiasaan pembeli, dimana mereka kurang mantap dalam menawarkan review kepada kualitas barang atau pelayanan yang diberikan.
Feedback nya sering gila-ajaib, seperti saat transaksi berlangsung tanpa gangguan namun pembeli hanya menunjukkan rating 3 bintang. Makara seolah-olah nantinya pembeli yang lain akan melinai bahwa kios tersebut kurang menawarkan pelayanan dan kurang terpecaya.
Yang lebih ajaib lagi, bahwa proses pembelian tanpa kendala sekali namun hanya menawarkan bintang 1 yang artinya sangat buruk. Dan reviewnya juga tidak niat, misalnya “terima kasih barang sudah hingga, puas dan top deh”.
Tentunya notifikasi (pemberitahuan) dalam proses transaksi adalah hal yang terpenting. Di Tokopedia Anda bisa mengenali apakah proses pembelian sukses atau tidak.
Untuk isyarat unik transaksi. Tokopedia memakai 2 digit instruksi unik, dan duit ini-pun nantinya akan kembali ke saldo Tokopedia. Adapun selang waktu pembayaran ialah selama 2 hari.
Costumer Service
Tampilan dan fasilitas navigasi dari Tokopedia sungguh cantik, namun selaku rekomendasi pada pihak untuk Tokopedia semoga memperbanyak pelayanan customer servicenya.
Tentunya kurang afdhol jikalau tempat komplain hanya mampu via twitter, jika bisa pihak tokopedia menawarkan akomodasi webchat di situs web atau aplikasinya. Hal ini supaya segala pertanyaan dan ganjalan konsumen mampu secara eksklusif terjawab
Review Positif dari Pengguna Tentang Situs Jual Beli Tokopedia:
Review dari Pengalaman Kurang Memuaskan:
Bukalapak
Bukalapak biasanya menawarkan barang-barang unik mirip aksessoris, salah satunya yaitu watu akik. Selain itu, barang seperti onderdil sepeda juga dijual disana.
Metode Pembayaran
Bukalapak menawarkan fitur pembayaran melalui transfer manual bank, mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, dan saldo Bukalapak.
Kepercayaan Pada Penjual
Bukalapak mempunyai fitur indikator reputasi penjual terpercaya, yang dimengerti dari jumlah feedback dan presentase keberhasilan transaksi. Sehingga hal ini memudahkan para pembeli untuk mengenali mana pedagang yang mempunyai tingkat iktikad yang tertinggi.
Untuk sistem review pembeli di Bukalapak, tampaknya masih perlu untuk diperbaiki, dimana pembeli suka kebingungan karena feedback semua produk tercampur. Hal ini menyebabkan pembeli kesulitan untuk mengenali mana barang yang feedbacknya cantik dan yang tidak.
Bukalapak memiliki sistem notifikasi yang sama baiknya seperti tokopedia. Nantinya setiap proses transaksi akan diantarkan beritanya via email.
Bukalapak memiliki 3 digit aba-aba unik (bahkan ada yang menginfokan 4 digit), hal ini condong lebih merugikan pembeli alasannya dana ini tidak dikembalikan kepada di pembeli. Adapun selang waktu pembayarannya yaitu 10 jam. Mungkin kedepannya akan ada terus pergeseran.
Costumer Service
Costumer Service di Bukalapak menerima review cantik dari para pembelinya, Bukalapak lebih fast Respon, meskipun sebagian kecil pembeli ada yang mengalami hingga berjam-jam untuk menanti pesan akibat dari Coustume Service.
Sebagai teladan bahwa Bukalapak fast respon yakni pada dongeng yang di share di laman Aviantorichad.com, kronologisnya adalah si pembeli (sebut saja Mas Sabar) ingin membeli kamera digital seken karena harganya sangat murah.
Setelah barang yang dipesan tiba. Namun, apa yang didapatkan di luar asumsi, barang yang dikirimkan ternyata isinya barang rongsokan. Alih-alih ingin punya kamera elok justru kehadiran “tamu” kamera hancur.
Kondisi Kamera digital, dimana baterainya telah bocor dan komponen juga telah hancur. Tampilan fisik kamera memang elok, namun dalamannya yang hancur.
Karena itu, maka Mas Sabar melaksanakan komplain ke si pedagang , sebut saja “si Penipu”, melalui fitur Pesan yang ada di situs Bukalapak. Akan tetapi tidak ada akhir dari si penipu. Padahal sebelumnya, komunikasi dengan si penipu via fitur pesan ini tanpa gangguan.
Tidak sulit untuk dapetin duit balik lagi, meskipun butuh sedikit perjuangan. Intinya kalau kronologisnya terperinci maka pihak Bukalapak akan mau menolong.
Usaha pertama Mas Sabar ialah menelepon nomor HP yang tertera di paket yang dikirim ke dirinya. Sebut saja orang yang punya nomor HP itu ialah mas Kedua (ternyata itu bukan nomor “Mas penipu”).
Orangnya (Mas Kedua) sih dapat dihubungi, tetapi apa yang terjadi coba? Ternyata mas Kedua ini merupakan orang yang sebelumnya juga kena tipu oleh “Mas Penipu”.
Mas Kedua bercerita bahwa dirinya melakukan komplain kamera hancurnya ke “Mas Penipu”. Kemudian “Mas Penipu” meminta untuk ngeretur kameranya ke alamat Mas Sabar.
Sehingga, mempunyai arti Mas Sabar ingin dijadikan kambing hitam oleh Mas Penipu. Padahal status Mas Sabar adalah pembeli yang tidak tahu apa-apa. Kalau saja mas Sabar tidak ngeh, bisa-mampu kena fitnah alasannya dikira orang yang mendustai mas Kedua.
Lalu dikerjakan percakapan antara mas Sabar dengan Mas Kedua via pesan di Bukalapak. Mas Sabar menceritakan kronologisnya ke mas Kedua.
intinya Mas Sabar cerita jikalau dirinya memperoleh paket kamera digital tadi dari Mas Penipu, namun alamatnya adalah alamat mas Kedua.
Dengan begitu, Mas Sabar dan Mas Kedua menyadari bahwa diri mereka ke tipu oleh “mas Penipu”.
Dengan begitu, Mas Sabar melakukan komplain eksklusif ke admin Bukalapak. Disana terdapat fasilitas (tempat) untuk komplain, tinggal menceritakan kronologisnya. Dan pengalaman Mas Sabar bahwa tanggapandari pihak Bukalapak cepet banget.
Jawaban dari komplain Mas Sabar ke admin Bukalapak adalah bahwa Mas Sabar perlu menanti hasil pemeriksaan tim “pencari fakta” Bukalapak.
Mas sabar menerima pengalaman bahwa tugas dari pihak Bukalapak “kerasa banget”, mas Sabar merasa terbantu sekali oleh Bukalapak. Komplain yang dikirimkan mendaaptkan fast respon.
Akhirnya hasil pemeriksaan keluar, maka keputusannya adalah mas Sabar diminta untuk mengembalikan barang yang diterima ke mas Penipu. Namun alasannya adalah Mas penipu tidak kooperatif (tidak dapat dihubungi), maka Bukalapak meminta untuk mengantarkan barang ke alamat kantor Bukalapak.
Jreng..Hasilnya setelah barang diterima oleh pihak Bukalapak, maka dana Mas Sabar dikembalikan. Dana dikembalikan tidak ditransfer ke rekening bank, tetapi masuknya ke rekening BukaDompet.
Voucher Belanja Bukalapak
Para pengguna aplikasi Bukalapak sering menemukan voucher belanja. Terutama, dilaporkan bahwa satu bulan menjelang idul fitri, nyaris saban hari pengguna apps banyak yang memperoleh voucher belanja. Voucher yang diberikan mirip voucher diskon harga barang sampai cuilan ongkir. Jumlah nominal yang diperoleh tak sedikit.
Akan namun, perlu dikenang bahwa untuk berkesempatan mendapatkan voucher maka hanya bisa diakses di app Bukalapak. Bukalapak juga rajin membagi-bagikan voucher melalui email. Pokoknya perihal voucher maka belum didapatkan ada toko online lain yang “senekat” Bukalapak.
Fitur Reputasi Order, Respond Buyer
Bukalapak membuat suatu sistem untuk mengevaluasi waktu kirim order dari penjul ke pembeli. Sistem yang dikembangkan pihak Bukalapak ini cukup bagus, yang bermafaat sekali bagi calon pembeli. Karena dapat menganggap seberapa serius dan terpecaya si penjual dalam berbisnis.
Selan itu, juga kandidat pembeli bisa mengenali seberapa baik dan cepat penjual dalam melayani ajakan pembeli. Sehingga dengan metode Bukalapak ini, dikenali jikalau penjual lama menanggapi maka akan dinilai selaku pedagang yang pemalas atau suka bermain-main dalam menghandle orderan masuk.
Kode Pembayaran Empat Digit
Banyak member buka lapak yang mengeluhkan perihal aksesori ongkos pembelian yang dibebankan pada pembeli.
Beban biaya dalam bentuk kode pembayaran. Dimana yang menjadi dilema adalah Bukalapak menampung kebiajakan untuk menggunakan aba-aba pembayaran sebanyak 4 digit.
Tampaknya empat digit tersebut bukanlah angka yang mampu dianggap enteng. Jika ditotal dari banyaknya transaksi yang berhasil dalam sehari saja, maka totalnya dari ongkos arahan pembayaran akan mencapai angka fantastis.
Dan peraturan Bukalapak bahwa ongkos dari instruksi pembayaran itu tidak dikembalikan. Sehingga banyak pembeli yang mengeluhkan hal ini.
Adapun di Tokopedia menerapkan aba-aba pembayaran cuma 3 digit. Itupun sehabis pembayaran terverifikasi maka ongkos kode pembayaran akan dikembalikan.
Automatic Payment Checker
Di Bukalapak, pembayaran manual seperti transfer ATM atau setor tunai sekrang telah bisa diverifikasi secara otomatis. Tidak mirip sebelumnya, dimana Bukalapak masih memakai metode yang agak repot, dimana konfirmasi pembayaran betul-betul akan diisi secara manual oleh si buyer.
Sehingga di Bukalapak sekarang ini sudah mengalami peningkatan efisiensi pada verifikasi pembayaran.
Server Situs Bukalapak
Dari pengalaman seorang pengguna, bahwa dirinya pernah mengalami server situs Bukalapak yang tidak kuat dalam memuat traffic, dimana kecepatan situs web menurun. Sehingga tampaknya perlu ada kenaikan kapasitas teknikal server, seperti kenaikan kapasitas memory dan bandwidth.
Pernah dirinya mengalami pada tanggal 3 Sept 2016, dimana koneksi sistem chat di Bukalapak mengalami gangguan. Sehingga semua data history pesan yang keluar dan masuk secara tiba-tiba hilang tak tersisa.
Saat CS Bukalapak mengumumkan bahwa tidak memperoleh catatan chat antara dirinya dan seller. Hal ini menciptakan dirinya terkejut , sehingga pribadi login dan ternyata semua history pesan hilang semua.
Namun sekitar setengah jam lalu, dirinya kembali login dan memperoleh bahwa history pesan di akun Bukalapak miliknya sudah timbul kembali.
Tidak lama sesudah itu, pihak CS Bukalapak mengirim email yang isinya bahwa mereka telah membaca pesan chat antara dirinya dan seller. Pihak BL mengakui terdaapt kesalahan teknis pada metode / server yang menyebabkab history chat menghilang sementara.
Point Reputasi Buyer
Di Bukalapak memiliki metode untuk memisahkan evaluasi produk yang dibeli dan evaluasi mutu layanan pedagang . Dengan begitu calon pembeli mampu mengetahui lebih detail wacana sebuah lapak, sebaikmana mutu produknya dan sebaliknya mana layanan yang diberikan si pedagang .
Penutup
Fakta-fakta perihal kedua situs perdagangan yang dikemukakan tersebut, tidak bermakna menyatakan salah satu dari keduanya lebih unggul. Tulisan ini hanya selaku acuan pada Anda untuk menentukan berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak sesuai dengan kebutuhan.
Tips Aman Melakukan Transaksi secara Online
Bagi pemula kemungkinan menalami rasa khawatir untuk melaksanakan transaksi secara online. Rasa khawatir ini masuk akal-masuk akal, mengenang banyaknya kasus penipuan secara online. Sebenarnya ada cara biar Anda mampu melakukan transaksi secara online secara aman, yaitu:
Terdapat banyak sekali situs web jual beli online, ialah Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Blanja dan banyak lainnya.
Dengan “segudangnya” jumlah website perdagangan online, maka Anda bisa memilih yang terbaik dari mereka semua. Peritmbangan utama dalam menentukan situs jual beli yaitu muranya harga dan keselamatan dalam bertransaksi.
Sumber gabmar: Pixabay.com |
Perbandingan Antar Situs Jual Beli
Sebelumnya saya sampaikan dulu, bahwa goresan pena ini biasanya hanya berisi opini, yang berasal dari pengalaman orang yang membeli online, dan tulisan ini tidak dijadikan sebagai pola patokan dalam menilai situs perdagangan secara pasti.
Tokopedia
Bukalapak dan Tokopedia berjenis e-commerce, yang bisa dikatakan "malnya digital", sebab orang-orang mampu membuka toko di situs tersebut.
Jenis-jenis barang yang disediakan bermacam-macam. Dari pengalaman orang-orang yang berbelanja, mengungkapkan bahwa tokopedia biasanya menyediakan barang-barang perlengkapan rumah tangga dan elektronik.
Metode Pembayaran
Tokopedia menawarkan fitur pembayaran dengan sistem transfer manual bank, e-cash mampu berdiri diatas kaki sendiri, mandiri clickpay, Klikpay BCA, dan saldo Tokopedia.
Kepercayaan Pada Penjual
Tokopedia menyediakan fitur dimana pembeli dapat mengetahui reputasi penjual dari rating bintangnya. Jika hanya mempunyai 1 bintang memiliki arti penjual tersebut mempunyai reputasi pemasaran yang rendah. Jika mempunyai 5 bintang berarti reputasi tingkat iman di penjual tinggi.
Sistem Tokopedia ini cukup elok alasannya lumayan transparan, dimana pada setiap proses pembelipun memiliki reputasinya sendiri.
Bahkan pada setiap produk mempunyai reviewnya masing-masing, disamping itu hasil feedback akan terkunci sehingga tidak bisa diganti atau dihapus.
Dengan sistemnya ini, menjadikan pembeli di Tokopedia mampu lebih gampang untuk menyimpulkan reputasi darui suatu (kios) toko.
Hanya saja yang disayangkan yakni kesalahan ada pada kebiasaan pembeli, dimana mereka kurang mantap dalam menawarkan review kepada kualitas barang atau pelayanan yang diberikan.
Feedback nya sering gila-ajaib, seperti saat transaksi berlangsung tanpa gangguan namun pembeli hanya menunjukkan rating 3 bintang. Makara seolah-olah nantinya pembeli yang lain akan melinai bahwa kios tersebut kurang menawarkan pelayanan dan kurang terpecaya.
Yang lebih ajaib lagi, bahwa proses pembelian tanpa kendala sekali namun hanya menawarkan bintang 1 yang artinya sangat buruk. Dan reviewnya juga tidak niat, misalnya “terima kasih barang sudah hingga, puas dan top deh”.
Tentunya notifikasi (pemberitahuan) dalam proses transaksi adalah hal yang terpenting. Di Tokopedia Anda bisa mengenali apakah proses pembelian sukses atau tidak.
Untuk isyarat unik transaksi. Tokopedia memakai 2 digit instruksi unik, dan duit ini-pun nantinya akan kembali ke saldo Tokopedia. Adapun selang waktu pembayaran ialah selama 2 hari.
Costumer Service
Tampilan dan fasilitas navigasi dari Tokopedia sungguh cantik, namun selaku rekomendasi pada pihak untuk Tokopedia semoga memperbanyak pelayanan customer servicenya.
Tentunya kurang afdhol jikalau tempat komplain hanya mampu via twitter, jika bisa pihak tokopedia menawarkan akomodasi webchat di situs web atau aplikasinya. Hal ini supaya segala pertanyaan dan ganjalan konsumen mampu secara eksklusif terjawab
Review Positif dari Pengguna Tentang Situs Jual Beli Tokopedia:
- Loading situs tidak mengecewakan cepat dikala dalam keadaani normal.
- Terkadang muncul promo untuk gratis ongkir, biasanya selama sebulan.
- Perang harga di Tokopedia secara tidak langsung menjadi harga produk jauh lebih murah.
- Terdapat fitur return gratis kalau produk yang dibeli tidak cocok harapan (dari kontrakyang dilaksanakan dengan si penjual).
- Terdapat fitu Katalog di Tokopedia yang menolong sekali, utamanya untuk produk gadget, cuma saja perlu lebih lengkap lagi ketersediaan produknya.
Review dari Pengalaman Kurang Memuaskan:
- Di Tokopedia sering terlihat produk SPAM, mirip produk yang harganya cuma 100 Rupiah, ini bukan perihal bonus, namun sehabis dibuka cuma berisi hal-hal yang tidak memiliki kegunaan. Masalah ini menyebabkan pembeli menjadi kesusahan dalam mencari barang dari urutan termurah (alasannya banyaknya produk spam).
- Dalam fitur pencarian produk, ternyata pedagang yang tidak aktif pun ikut ditambahkan.
- Petunjuk cara pembelian masih minim dan condong kurang terperinci, hal ini mampu menyibukkan bagi pembeli pemula.
- Belum tersedia pengaturan alamat default untuk pembeli.
- Frekuensi maintenance situs Tokopedia cukup tinggi.
- Belum adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
- Fitur pengurus stok barang dirasa masih kurang optimal, hal itu karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, namun stok produk tidak secara otomatis menyusut.
- Jarang sekali muncul promo potongan harga yang berbatas waktu.
Bukalapak
Bukalapak biasanya menawarkan barang-barang unik mirip aksessoris, salah satunya yaitu watu akik. Selain itu, barang seperti onderdil sepeda juga dijual disana.
Metode Pembayaran
Bukalapak menawarkan fitur pembayaran melalui transfer manual bank, mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, dan saldo Bukalapak.
Kepercayaan Pada Penjual
Bukalapak mempunyai fitur indikator reputasi penjual terpercaya, yang dimengerti dari jumlah feedback dan presentase keberhasilan transaksi. Sehingga hal ini memudahkan para pembeli untuk mengenali mana pedagang yang mempunyai tingkat iktikad yang tertinggi.
Untuk sistem review pembeli di Bukalapak, tampaknya masih perlu untuk diperbaiki, dimana pembeli suka kebingungan karena feedback semua produk tercampur. Hal ini menyebabkan pembeli kesulitan untuk mengenali mana barang yang feedbacknya cantik dan yang tidak.
Bukalapak memiliki sistem notifikasi yang sama baiknya seperti tokopedia. Nantinya setiap proses transaksi akan diantarkan beritanya via email.
Bukalapak memiliki 3 digit aba-aba unik (bahkan ada yang menginfokan 4 digit), hal ini condong lebih merugikan pembeli alasannya dana ini tidak dikembalikan kepada di pembeli. Adapun selang waktu pembayarannya yaitu 10 jam. Mungkin kedepannya akan ada terus pergeseran.
Costumer Service
Costumer Service di Bukalapak menerima review cantik dari para pembelinya, Bukalapak lebih fast Respon, meskipun sebagian kecil pembeli ada yang mengalami hingga berjam-jam untuk menanti pesan akibat dari Coustume Service.
Sebagai teladan bahwa Bukalapak fast respon yakni pada dongeng yang di share di laman Aviantorichad.com, kronologisnya adalah si pembeli (sebut saja Mas Sabar) ingin membeli kamera digital seken karena harganya sangat murah.
Setelah barang yang dipesan tiba. Namun, apa yang didapatkan di luar asumsi, barang yang dikirimkan ternyata isinya barang rongsokan. Alih-alih ingin punya kamera elok justru kehadiran “tamu” kamera hancur.
Kondisi Kamera digital, dimana baterainya telah bocor dan komponen juga telah hancur. Tampilan fisik kamera memang elok, namun dalamannya yang hancur.
Karena itu, maka Mas Sabar melaksanakan komplain ke si pedagang , sebut saja “si Penipu”, melalui fitur Pesan yang ada di situs Bukalapak. Akan tetapi tidak ada akhir dari si penipu. Padahal sebelumnya, komunikasi dengan si penipu via fitur pesan ini tanpa gangguan.
Tidak sulit untuk dapetin duit balik lagi, meskipun butuh sedikit perjuangan. Intinya kalau kronologisnya terperinci maka pihak Bukalapak akan mau menolong.
Usaha pertama Mas Sabar ialah menelepon nomor HP yang tertera di paket yang dikirim ke dirinya. Sebut saja orang yang punya nomor HP itu ialah mas Kedua (ternyata itu bukan nomor “Mas penipu”).
Orangnya (Mas Kedua) sih dapat dihubungi, tetapi apa yang terjadi coba? Ternyata mas Kedua ini merupakan orang yang sebelumnya juga kena tipu oleh “Mas Penipu”.
Mas Kedua bercerita bahwa dirinya melakukan komplain kamera hancurnya ke “Mas Penipu”. Kemudian “Mas Penipu” meminta untuk ngeretur kameranya ke alamat Mas Sabar.
Sehingga, mempunyai arti Mas Sabar ingin dijadikan kambing hitam oleh Mas Penipu. Padahal status Mas Sabar adalah pembeli yang tidak tahu apa-apa. Kalau saja mas Sabar tidak ngeh, bisa-mampu kena fitnah alasannya dikira orang yang mendustai mas Kedua.
Lalu dikerjakan percakapan antara mas Sabar dengan Mas Kedua via pesan di Bukalapak. Mas Sabar menceritakan kronologisnya ke mas Kedua.
intinya Mas Sabar cerita jikalau dirinya memperoleh paket kamera digital tadi dari Mas Penipu, namun alamatnya adalah alamat mas Kedua.
Dengan begitu, Mas Sabar dan Mas Kedua menyadari bahwa diri mereka ke tipu oleh “mas Penipu”.
Dengan begitu, Mas Sabar melakukan komplain eksklusif ke admin Bukalapak. Disana terdapat fasilitas (tempat) untuk komplain, tinggal menceritakan kronologisnya. Dan pengalaman Mas Sabar bahwa tanggapandari pihak Bukalapak cepet banget.
Jawaban dari komplain Mas Sabar ke admin Bukalapak adalah bahwa Mas Sabar perlu menanti hasil pemeriksaan tim “pencari fakta” Bukalapak.
Mas sabar menerima pengalaman bahwa tugas dari pihak Bukalapak “kerasa banget”, mas Sabar merasa terbantu sekali oleh Bukalapak. Komplain yang dikirimkan mendaaptkan fast respon.
Akhirnya hasil pemeriksaan keluar, maka keputusannya adalah mas Sabar diminta untuk mengembalikan barang yang diterima ke mas Penipu. Namun alasannya adalah Mas penipu tidak kooperatif (tidak dapat dihubungi), maka Bukalapak meminta untuk mengantarkan barang ke alamat kantor Bukalapak.
Jreng..Hasilnya setelah barang diterima oleh pihak Bukalapak, maka dana Mas Sabar dikembalikan. Dana dikembalikan tidak ditransfer ke rekening bank, tetapi masuknya ke rekening BukaDompet.
Voucher Belanja Bukalapak
Para pengguna aplikasi Bukalapak sering menemukan voucher belanja. Terutama, dilaporkan bahwa satu bulan menjelang idul fitri, nyaris saban hari pengguna apps banyak yang memperoleh voucher belanja. Voucher yang diberikan mirip voucher diskon harga barang sampai cuilan ongkir. Jumlah nominal yang diperoleh tak sedikit.
Akan namun, perlu dikenang bahwa untuk berkesempatan mendapatkan voucher maka hanya bisa diakses di app Bukalapak. Bukalapak juga rajin membagi-bagikan voucher melalui email. Pokoknya perihal voucher maka belum didapatkan ada toko online lain yang “senekat” Bukalapak.
loading...
Fitur Reputasi Order, Respond Buyer
Bukalapak membuat suatu sistem untuk mengevaluasi waktu kirim order dari penjul ke pembeli. Sistem yang dikembangkan pihak Bukalapak ini cukup bagus, yang bermafaat sekali bagi calon pembeli. Karena dapat menganggap seberapa serius dan terpecaya si penjual dalam berbisnis.
Selan itu, juga kandidat pembeli bisa mengenali seberapa baik dan cepat penjual dalam melayani ajakan pembeli. Sehingga dengan metode Bukalapak ini, dikenali jikalau penjual lama menanggapi maka akan dinilai selaku pedagang yang pemalas atau suka bermain-main dalam menghandle orderan masuk.
Kode Pembayaran Empat Digit
Banyak member buka lapak yang mengeluhkan perihal aksesori ongkos pembelian yang dibebankan pada pembeli.
Beban biaya dalam bentuk kode pembayaran. Dimana yang menjadi dilema adalah Bukalapak menampung kebiajakan untuk menggunakan aba-aba pembayaran sebanyak 4 digit.
Tampaknya empat digit tersebut bukanlah angka yang mampu dianggap enteng. Jika ditotal dari banyaknya transaksi yang berhasil dalam sehari saja, maka totalnya dari ongkos arahan pembayaran akan mencapai angka fantastis.
Dan peraturan Bukalapak bahwa ongkos dari instruksi pembayaran itu tidak dikembalikan. Sehingga banyak pembeli yang mengeluhkan hal ini.
Adapun di Tokopedia menerapkan aba-aba pembayaran cuma 3 digit. Itupun sehabis pembayaran terverifikasi maka ongkos kode pembayaran akan dikembalikan.
Automatic Payment Checker
Di Bukalapak, pembayaran manual seperti transfer ATM atau setor tunai sekrang telah bisa diverifikasi secara otomatis. Tidak mirip sebelumnya, dimana Bukalapak masih memakai metode yang agak repot, dimana konfirmasi pembayaran betul-betul akan diisi secara manual oleh si buyer.
Sehingga di Bukalapak sekarang ini sudah mengalami peningkatan efisiensi pada verifikasi pembayaran.
Server Situs Bukalapak
Dari pengalaman seorang pengguna, bahwa dirinya pernah mengalami server situs Bukalapak yang tidak kuat dalam memuat traffic, dimana kecepatan situs web menurun. Sehingga tampaknya perlu ada kenaikan kapasitas teknikal server, seperti kenaikan kapasitas memory dan bandwidth.
Pernah dirinya mengalami pada tanggal 3 Sept 2016, dimana koneksi sistem chat di Bukalapak mengalami gangguan. Sehingga semua data history pesan yang keluar dan masuk secara tiba-tiba hilang tak tersisa.
Saat CS Bukalapak mengumumkan bahwa tidak memperoleh catatan chat antara dirinya dan seller. Hal ini menciptakan dirinya terkejut , sehingga pribadi login dan ternyata semua history pesan hilang semua.
Namun sekitar setengah jam lalu, dirinya kembali login dan memperoleh bahwa history pesan di akun Bukalapak miliknya sudah timbul kembali.
Tidak lama sesudah itu, pihak CS Bukalapak mengirim email yang isinya bahwa mereka telah membaca pesan chat antara dirinya dan seller. Pihak BL mengakui terdaapt kesalahan teknis pada metode / server yang menyebabkab history chat menghilang sementara.
Point Reputasi Buyer
Di Bukalapak memiliki metode untuk memisahkan evaluasi produk yang dibeli dan evaluasi mutu layanan pedagang . Dengan begitu calon pembeli mampu mengetahui lebih detail wacana sebuah lapak, sebaikmana mutu produknya dan sebaliknya mana layanan yang diberikan si pedagang .
Penutup
Fakta-fakta perihal kedua situs perdagangan yang dikemukakan tersebut, tidak bermakna menyatakan salah satu dari keduanya lebih unggul. Tulisan ini hanya selaku acuan pada Anda untuk menentukan berbelanja di Tokopedia atau Bukalapak sesuai dengan kebutuhan.
Tips Aman Melakukan Transaksi secara Online
Bagi pemula kemungkinan menalami rasa khawatir untuk melaksanakan transaksi secara online. Rasa khawatir ini masuk akal-masuk akal, mengenang banyaknya kasus penipuan secara online. Sebenarnya ada cara biar Anda mampu melakukan transaksi secara online secara aman, yaitu:
- Sebelum Anda berbelanja maka harus mengcek deskripsi produk dan reputasi web atau lapak jual beli online yang Anda datangi. Dalam hal ini, Anda mesti teliti, terutama saat akan membeli produk yang harganya mahal.
- Anda perlu berhati-hati jika mememukan bentuk sistem pembayaran yang tidak lazimdan mempunyai kesan tidak masuk akal. Termasuk Anda perlu curiga ketika memperoleh tata cara pembayaran tunai via pos.
- Jangan bermudahan dalam memperlihatkan isu pribadi, utamanya pada isu keuangan online dan offline.
- Anda perlu berhati-hati jikalau mendapati email atau telepon yang menanyakan informasi rekening Anda. Perusahaan besar seperti eBay dan Paypal tidak pernah meminta password atau informasi keuangan lainnya melalui email dan telepon.
- Jangan mudah tergoda ajuan barang murah yang tiba dari e-mail, ataupun dari lapak perdagangan online.
- Pertimbangkanlah cara pembayaran, dimana pembayaran yang biasanya dikerjakan adalah menggunakan layanan PayPal dan transfer bank. Lebih elok lagi bila menggunakan metode COD (ketemuan di kawasan).
- Penting menyimpan dengan baik bukti transaksi, simpan juga berita deskripsi produk dan harganya. Selain itu, jangan dihapus history chat yang Anda kerjakan dengan pihak penjual, atau jangan dihapus e-mail antara Anda dengan pedagang .